XGJAO RZ35, Motor Hasil “Fotokopi” Yamaha R25

XGJAO RZ35, Motor Hasil “Fotokopi” Yamaha R25

0
XGJAO RZ35 hasil kloningan Yamaha R25

Orbitindo.com – Seperti sudah menjadi rahasia umum jika produsen motor asal Cina sering melakukan hal yang kurang etis dalam melakukan desain motornya. Mereka sering melakukan “fotokopi” terhadap sebuah desain motor produksi pabrik lain. Kali ini, giliran Yamaha R25 yang dikloning oleh produsen asal Cina, XGJAO.

Produsen asal Cina ini berhasil memfotokopi Yamaha R25 dengan hasil yang sama persis dalam semua desain dengan merilis XGJAO RZ35. Jika kita melihat desain XGJAO RZ35 ini, semua bagian sama persis dengan Yamaha R25. Dari bagian bentuk velg, cakram, speedometer, fender hingga bagian tangki bahan bakar yang merupakan fotokopi dari motor sport Yamaha tersebut. Selain itu, motor cina ini juga sudah menganut sistem LED pada bagian stoplampnya.

Padahal dari segi etika, hal ini tentu saja tidak boleh dilakukan karena setiap model motor dari sebuah pabrikan pasti sudah memiliki hak paten. Namun di Cina, hal ini diperbolehkan selama pabrikan yang ditiru tidak menuntut.

Tidak hanya itu saja, XGJAO RZ35 ini justru lebih baik dari Yamaha R25 pada bagian headlamp dimana Yamaha R25 hanya menganut sistem bohlam, sementara motor Cina ini memakai projie dengan LED mengitari reflektor. Selain itu, motor ini terkesan “lebay”, dengan menempatkan dua knalpot pada bagian kiri dan kanan. Parahnya lagi, lubang exhaust motor ini ada 4 yakni 2 di kanan dan 2 di kiri.

Masalah harga, jangan ditanyakan lagi. Seperti kita ketahui bersama jika motor Cina dipastikan harganya jauh lebih murah dari motor dari Jepang.

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY