Berita Terkini : Benarkah Logo BI Jadi “Palu Arit” pada Uang...

Berita Terkini : Benarkah Logo BI Jadi “Palu Arit” pada Uang Rp 100 Ribuan ?

0
Uang, Logo palu arit uang Rp.100 ribu

Orbitindo.com – Berita Terkini : Benarkah Logo BI  Jadi Palu Arit pada Uang Rp 100 Ribuan ? Beberapa waktu terakhir ini, netizen khususnya pengguna Facebook dihebohkan dengan logo BI pada uang 100 ribuan yang menjadi logo palu arit.

Logo mirip palu dan arit itu berada  pada posisi yang sama dengan logo Bank Indonesia (BI). Tak pelak maka akun Facebook milik Muhammad Hafiezul Far Sinkhan, orang yang diduga telah mengunggah gambar tersebut  seketika menjadi ramai dikomentari netizen.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara langsung mengomentari isu gambar palu arit yang menjadi logo pada uang pecahan Rp100 ribu tersebut.

“Menurut hemat saya, ini masalah persepsi, karena ada yang bilang bentuknya seperti cookie,” ungkapnya.

Lebih lengkap Tirta Segara menjelaskan, logo BI dalam uang kertas pecahan Rp100 ribu dicetak rectoverso. Rectoverso adalah suatu teknik cetak khusus pada uang kertas di mana pada posisi yang sama dan saling membelakangi di bagian depan dan bagian belakang uang kertas terdapat suatu ornamen khusus seperti gambar tidak beraturan. Akan tetapi apabila rectoverso pada uang kertas diterawang ke arah cahaya maka akan terbentuk suatu gambar yang beraturan. Pada setiap pecahan uang kertas Rupiah, rectoversonya membentuk ornamen lambang BI (Bank Indonesia).

Teknik rectoverso juga telah digunakan oleh negara lain, seperti pada uang kertas Malaysia yaitu pada uang Ringgit yang membentuk ornamen bunga dan uang kertas Euro yang membentuk ornamen nilai nominal.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY