FB Bagikan Cara untuk Menyikapi Berita Hoax

FB Bagikan Cara untuk Menyikapi Berita Hoax

0
cara mengatasi berita hoax di fb

Orbitindo.com – FB Bagikan Cara untuk Menyikapi Berita Hoax. Sudah tidak asing lagi jika aplikasi FB (Facebook) akhir-akhir ini menjadi sarana menyebaran berita palsu (hoax).Hal tersebut menyebabkan resahnya beberapa pihak karena adanya penyebaran berita hoax tersebut.

Salah satu berita hoax yang sangat viral yang terjadi belum lama ini adalah peristiwa kemenangan presiden terpilih di Amerika Serikat, Donald Trump. Masyarakat banyak yang menyalahkan Facebook karena dianggap telah memberitakan hal yang tidak berimbang dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Dengan merebaknya penyebaran berita hoax tersebut, membuat Fb banyak menerima kritik dari masyarakat. Untuk menanggapi hal tersebut, Mark Zuckerberg berjanji akan akan segera mengatasi penyebaran berita-berita hoax yang ada di jejaring sosial miliknya tersebut. Dan kabarnya kini Fb sedang dalam tahap uji coba fitur yang nantinya akan digunakan untuk menangkal penyebaran berita hoax di Fb.

Berikut merupakan 4 hal yang akan difokuskan dalam menanggulangi berita hoax :

  1. Proses pelaporan yang dipermudah

Saat ini Fb tengah menguji beberapa cara untuk mempermudah pelaporan berita hoax. Salah satunya adalah dengan menambahkan fitur pelaporan berita hoax di Fb.

Cara untuk melaporkan berita hoax adalah dengan klik fitur pelaporan yang terdapat di sudut kanan atas di postingan berita hoax yang akan dilaporkan. Dengan melakukan hal tersebut, maka Fb akan mendeteksi jika berita tersebut merupakan berita hoax.

  1. Memperingatkan pengguna mengenai berita yang diperdebatkan

Untuk melakukan cara ini, Fb bekerja sama dengan pihak ketiga yaitu Organisasi International Fact Checking Code, yaitu sebuah organisasi yang dapat melakukan pengecekan fakta.

Jadi apabila terdapat laporan mengenai berita hoax, maka pihak Fb akan mengirimkan laporan tersebut kepada organisasi pihak ketiga untuk mengidentifikasi berita yang dilaporkan tersebut. Jikalau berita tersebut terdeteksi palsu, berita tersebut masih tetap bisa dibagikan tetapi akan terdapat tanda peringatan dari Fb jika berita tersebut diragukan kebenarannya dan  tidak dapat dijadikan sebuah iklan maupun promosi.

  1. Membagikan informasi yang benar

Fb menyarankan pengguna agar tidak menyebarkan berita yang tidak benar (hoax). Karena pihak Fb beranggapan, jika suatu berita yang dibagikan tidak menimbulkan kontroversi, maka kebenarannya berita tersebut semakin nyata.

  1. Menghentikan insentif finansial bagi penyebar berita hoax

Pihak Fb menyadari bahwa pengedar berita hoax tidak hanya mengincar opini publik, tetapi juga ada motif finansial dibalik penyebaran berita palsu tersebut. Dengan banyaknya orang yang membaca berita tersebut maka akan membuat si pembuat berita akan menuai banyak uang karena didalam situs mereka terdapat banyak iklan.

Untuk itu, maka Fb telah mengeliminasi kemampuan pembelian untuk domain penipu yang akan mengurangi prevalensi dari situs-situs yang berpura-pura sebagai media. Kemudian pihak Facebook akan menganalisa situs tersebut untuk mengetahui tindakan selanjutnya.

 

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY