Jelang MotoGP Catalunya : Yamaha Ungkap Penyebab Motor Rossi Ngebul di Mugello

Jelang MotoGP Catalunya : Yamaha Ungkap Penyebab Motor Rossi Ngebul di Mugello

0
Yamaha ungkap penyebab motor Rossi ngebul di MUgello

Orbitindo.com – Kerusakan motor Yamaha M1 tunggangan Valentino Rossi di GP Mugello, Italia dua pekan lalu, hingga saat ini masih menjadi perbincangan publik. Pasalnya, pada balapan kandang tersebut, Rossi harus merugi gagal finish usai motornya rusak dan mengeluarkan asap tebal saat balapan berlangsung.

Bukan hanya motor milik Rossi saja yang rusak, di Mugello tapi motor Jorge Lorenzo juga mengalami hal serupa. Namun bedanya, Lorenzo mengalaminya saat sedang sesi pemanasan sementara Rossi saat lomba sedang berlangsung.

Yamaha pun penasaran dengan penyebab motor dua pembalapnya yang rusak tersebut. Untuk itu, mesin Yamaha M1 Rossi di bawa ke Jepang untuk diteliti mengenai penyebab kerusakan tersebut.

Setelah melakukan penyelidikan, mekanik Yamaha bisa mengetahui penyebab kerusakan mesin YZR-M1 yang menurut Rossi sudah sembilan tahun tak pernah dirasakannya. Perangkat elektronik standar MotoGP di bagian rev limiter atau perangkat yang terpasang ke mesin pembakaran internal untuk membatasi kecepatan maksimum jadi penyebabnya.

“Setelah masalah teknis di Mugello, dua mesin yang rusak dikembalikan ke YMC (Yamaha Motor Company) untuk dilakukan investigasi. Setelah meneliti mesin, data telemetri, dan sistem terkait, kami menemukan penyebabnya. Kegagalan itu disebabkan karena masalah elektronik yang berkaitan dengan fungsi rev limiter sehingga mengakibatkan katup dan piston rusak. Penyebab rusaknya motor Jorge dan Valentino sama. Untuk jelasnya, tidak ada komponen mesin yang rusak, itu murni masalah elektronik,” ucap pemimpin proyek pengembangan YZR-M1 Yamaha Kouji Tsuya.

Untuk Rossi, penyebabnya adalah kerusakan rev limiter ketika memacu motor dengan kecepatan penuh di trek lurus. Kerusakan ini tidak terkait dengan penyebab kesalahan yang dibuat Rossi di tikungan dalam lap sebelumnya. Untuk mengantisipasi kejadian ini terulang, mesin motor ini hanya akan dipakai untuk sesi latihan saja.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY