Berita Terbaru Hari Ini : Gaji Ke-13 dan THR Untuk PNS, TNI,...

Berita Terbaru Hari Ini : Gaji Ke-13 dan THR Untuk PNS, TNI, dan POLRI Sudah Bisa Dicairkan

0
gaji ke-13 dan THR turun

Orbitindo.com – Berita Terbaru Hari Ini : Gaji Ke-13 dan THR Untuk PNS, TNI, dan POLRI Sudah Bisa Dicairkan.

Setelah cukup lama ditunggu, akhirnya PNS, TNI dan POLRI bisa tersenyum lebar. Pasalnya, per hari ini Kamis (23/6) gaji ke-13 dan THR sudah bisa dicairkan. Hal ini, diungkapkan oleh Menteri Keuangan PS Brodjonegoro.

Pencairan gaji ke-13 dan THR dikarenakan landasan hukumnya sudah keluar. Untuk gaji ke-13, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 19, No 20, No 21, dan No 22, serta Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 96/PMK.05/2016. Adapun untuk pencairan THR diatur dalam PMK No 97/PMK.05/2016.

“Intinya mulai Kamis sudah dapat dibayarkan secara bertahap gaji ke-13 dan THR,” kata Bambang.

Sementara itu, untuk masalah besarnya THR yang akan dicairkan untuk masing-masing PNS, TNI dan POLRI terdiri dari gaji pokok plus tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tidak termasuk tunjangan kinerja. Sedangkan untuk gaji ke-13, terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan umum, tanpa tunjangan kinerja. Tunjangan kinerja gaji ke-13 akan dibayarkan sepekan sebelum tahun ajaran baru.

Biasanya, gaji ke -13 ini diturunkan menjelang tahun ajaran baru. Namun karena pada bulan Juni ini kebutuhan banyak, maka waktu untuk mencairkannya dimajukan. Hal ini dilakukan untuk membantu PNS, PORI, dan TNI yang memerlukan banyak biaya jelang hari raya lebaran yang jatuh pada awal bulan Juli besuk.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY