MUDIK LEBARAN 2016 : Pilihan Jalur Mudik Untuk Motor dan Mobil ke...

MUDIK LEBARAN 2016 : Pilihan Jalur Mudik Untuk Motor dan Mobil ke Jawa Tengah dan Sekitarnya

0
pilihan jalur mudik lebaran 2016

Orbitindo.com – MUDIK LEBARAN 2016 sudah mulai dilakukan sejak hari Senin (27/6) atau H-10 lebaran.

Pekan ini jalanan dipastikan akan bertambah ramai dan bisa saja mengalami kemacetan karena adanya momen mudik lebaran 2016. Hal ini seakan sudah menjadi budaya wajib saat menjelang lebaran setiap tahunnya yakni terjadi kemacetan dimana-mana. Hal ini tentu saja mengganggu kenyamanan dan menghabiskan waktu untuk para pemudik.

Untuk mengatasi hal tersebut, Direktorat Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM) Kementerian PUPR menawarkan beberapa pilihan jalur mudik dari Jawa Barat ke Jawa Tengah. Pilihan jalur ini, diharapkan bisa mengurangi kemacetan saat arus mudik lebaran mencapai puncak.

  • Pilihan jalur mudik mobil

Sementara itu, untuk pemudik dengan kendaraan pribadi mobil atau sejenisnya, selepas dari jalan tol Jakarta-Cikampek dapat memilih untuk melalui jalan tol Cipali (Cikampek-Palimanan) atau jalur Pantura. Jika melaui tol Cipali, maka akan keluar di Brebes timur yang hanya akan menempuh waktu sekitar 4,5 jam dan total biaya sebesar Rp 165 ribu saja.

Namun bagi yang memilih untuk jalur Pantura, juga tidak mengalami masalah. Keluar dari gerbang tol Cikampek, pemudik akan tiba di Simpang Jomin yang sudah mengalami perbaikan hingga wilayah Sukamandi. Selanjutnya setiba di persimpangan Lohbenhar, pemudik bisa belok kanan melalui Jatibarang, Palimanan, Cirebon, Kanci, Losari dan terus lagi ke Jawa Tengah atau juga belok kiri melalui Indramayu, Balongan, Karang Ampel terus ke Cirebon, Losari dan terus ke arah Jawa Tengah.

  • Pilihan jalur mudik sepeda motor

Untuk mengantisipasi kemacetan, pengendara motor diharapkan berjalan lurus selepas By Pass Kerawang. Selanjutnya, di km 75 sekitar Johar, pengendara motor dapat berbelok ke kiri dan akan menemukan rambu serta petugas dari pihak kepolisian yang memandu dan mengarahkan jalur yang bisa dilalui.

Setelah sampai di persimpangan Krasak, pemudik tinggal memilih untuk belok kiri atau kanan. Bagi pemudik yang memilih untuk belok kanan  di Simpang Krasak akan menuju Cikalong, kemudian masuk di jalur Pantura. Pemudik sepeda motor tinggal lurus terus ke arah Timur, melalui Ciasem, Pamanukan, ke arah Cirebon dan Jawa Tengah.

Sementara itu, untuk pemudik yang yang memilih belok kiri di Simpang Krasak selanjutnya berbelok ke kanan ke arah Blanak, keluar Ciasem, lalu belok kiri ke arah Pamanukan, Cirebon dan Jawa Tengah.

Dengan melalui jalur ini, pengendara motor akan terhindar dari kemacetan di simpang Jomin yang merupakan pertemuan arus dari Karawang dan kendaraan yang keluar dari jalan tol Cikampek menuju Semarang atau wilayah lainnya di Jawa Tengah.

Selamat mudik lebaran 2106…… Hati-Hati di jalan semoga selamat sampai tujuan !!!!!!!!!

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY