Berita Terbaru MotoGP 2016 : Winglet Dilarang, Ducati Meradang

Berita Terbaru MotoGP 2016 : Winglet Dilarang, Ducati Meradang

0
Berita MotoGP terbaru : Winglet dilarang ducati anggap tak sportif

Orbitindo.com – Berita motoGP terbaru : Komisi MotoGP akhirnya melarang penggunaan winglet di kelas MotoGP mulai musim 2017 mendatang.

Penggunaan sayap aerodinamika atau sering disebut winglet, akhirnya dilarang oleh Komisi MotoGP. Setelah melakukan rapat, akhirnya sayap kecil ini dilarang pemakaianya mulai musim 2017 mendatang. Hal ini tentu saja membuat tim Ducati Corse sedikit marah dan kecewa. Pasalnya, tim asal Italia ini sudah sejak tes pra musim 2015 mulai menggunakan sayap kecil ini yang kemudian diikuti oleh tim lain seperti Honda dan Yamaha pada pertengahan musim 2015 dan Suzuki dan Aprilia pada awal musim 2016 ini.

“Saya tak suka larangan ini. Keluhan atas nama keselamatan tidak masuk akal. Toh pabrikan Jepang sempat mengikuti terobosan kami, dan kini mereka malah mundur. Begitu mengejutkan,” ujar General Manager Ducati Corse, Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna.

Seperti kita ketahui bersama, belakangan ini Ducati semakin kompetitif meski masih dihantui oleh ban Michelin. Penggunaan sayap ini dimaksudkan untuk aerodinamis saat ban Michelin tidak mampu mencengkram lintasan. Namun, pembalap non Ducati mengeluh dan menganggap sayap ini membahayakan rider lain saat aksi saling salip di tikungan dan diduga menimbulkan turbulensi di lintasan lurus saat slipstream.

“Saya rasa ini tidak sportif. Larangan ini diberlakukan atas nama safety,tapi nyatanya winglet tak pernah menimbulkan masalah. Kami bahkan sudah melakukan studi soal ini. Ducati telah mengembangkan wingletyang mereka pikir membuat kami mendapat untung, dan mereka mengikuti langkah kami. Namun kini mereka mundur, saya begitu terkejut,” tutup Dall’Igna.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY