Berita Hasil MotoGP Jerman : Bukan Salah Strategi Ban, Inilah Penyebab Rossi...

Berita Hasil MotoGP Jerman : Bukan Salah Strategi Ban, Inilah Penyebab Rossi Gagal Podium di GP Jerman

0
berita hasil motoGP jerman, Rossi sebut motor Yamaha yang lambat jadi penyebab gagal podium

Orbitindo.com – Berita hasil MotoGP Jerman : Valentino Rossi menyebut kegagalannya meraih podium di MotoGP Jerman bukan karena salah strategi ganti ban, tapi karena Yamaha M1 yang lambat.

MotoGP Jerman yang digelar Minggu (17/7) malam menjadi seri yang cukup pahit bagi Valentino Rossi. Pembalap Yamaha ini harus puas finish ke 8 setelah sempat berebut pimpinan balapan dengan Andrea Dovizioso pada balapan yang basah.

Namun saat balapan memasuki lap ke-18, trek yang mulai mengering membuat banyak pembalap melakukan pergantian ban. Namun tidak dengan Rossi, pembalap asal Italia ini memilih menunda pergantian ban basah ke ban normal hingga beberapa lap. Rossi tercatat baru mengganti bannya di lap ke-24.

Strategi pergantian ban inilah yang dinilai menjadi penyebab kegagalan Rossi raih podium. Pasalnya, Marc Marquez yang memutuskan mengganti ban pada lap ke 18 akhirnya berhasil menjadi juara. Pembalap Honda ini tak mau ambil resiko dan memutuskan untuk mengganti ban pada laps ke 18. Alhasil, kecepatan Marquez berangsur membaik hingga akhirnya berhasil masuk garis finish pertama.

Namun Rossi yang baru mengganti ban pada 6 laps terakhir justru semakin melambat. Pembalap Yamaha ini seakan kehilangan kecepatannya yang terbukti dengan berturut-turut Rossi disalip Andrea Iannone, Dani Pedrosa dan Jack Miller.

Rossi akhirnya memberikan konfirmasi mengenai penyebab dirinya gagal naik podium di MotoGP Jerman ini. Menurutnya bukan salah dalam hal strategi ganti ban, namun karena kecepatan Yamaha M1 yang lambat.

“Masalah terbesar adalah saya sangat lambat di bagian kedua perlombaan pada trek yang sudah mengering,” kata Rossi seperti dilansir Motorsport.

“Untuk lebih jelasnya soal strategi (pergantian ban), kenyataannya adalah saya bisa berhenti dua atau tiga lap lebih awal, tapi itu tidak akan banyak berpengaruh. Jika saya berhenti sebelumnya, saya sudah bisa dapat posisi enam,” jelasnya.

“Saya bisa bersaing dengan Crutchlow dan Dovizioso, tapi ketika saya restart, saya punya perasaan tidak enak dengan motor, saya jadi lebih lambat, saya tidak merasakan ban,” tambahnya.

“Pada akhirnya, saya finish kedelapan dan kehilangan kesempatan dapat poin yang lebih baik. Ini memalukan sebab dalam kondisi normal, kami harusnya bisa dapat podium,” tutupnya.

Dengan hasil tersebut, saat ini Valentino Rossi semakin jauh tertinggal dari Marquez yang berada di puncak klasemen. Marquez berhasil memperbesar selisih poin dengan Rossi hingga selisih 59 poin dimana Marquez telah mengoleksi 170 poin hingga seri ke 9 MotoGP 2016 ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY