Berita MotoGP Terbaru : Ini Tanggapan Rossi dan Marquez Soal Wacana Penggunaan...

Berita MotoGP Terbaru : Ini Tanggapan Rossi dan Marquez Soal Wacana Penggunaan Radio Tim di MotoGP

0
berita motoGP terbaru wacana penggunaan radio tim MotoGP untuk gantikan pit board

Orbitindo.com – Berita MotoGP terbaru : Wacana penggunaan radio tim menguat untuk melakukan komunikasi pembalap dengan tim saat balapan basah.

Balapan dalam kondisi basah, tentu saja menjadi salah satu kendala para pembalap MotoGP. Pasalnya, dalam kondisi trek yang basah karena hujan, skill menjadi nomor dua setelah keberuntungan. Tidak sedikit pembalap top yang harus mencium aspal karena balapan dalam kondisi basah karena hujan sebut saja Valentino Rossi yang harus crash dan gagal finish di Assen tiga pekan lalu.

Namun Jack Miller yang notabene bukan pembalap unggulan, bisa beruntung dalam balapan basah tersebut. Hal tersebut, karena keberuntungan dan kehati-hatian pembalap dalam balapan basah.

Selain di Assen, akhir pekan kemarin kita baru saja disuguhi dengan balapan MotoGP yang berjalan dalam kondisi basah. Dalam hal ini, akhirnya Marquez berhasil menjadi juara setelah menuruti perintah tim untuk berganti motor melalui pit board.

Rossi dan Dovizioso merasa dipojokkan dengan hasil MotoGP jerman kemarin. Pasalnya dua pembalap ini sempat memimpin di dua pertiga balapan awal harus kalah karena “keras kepala” memundurkan waktu pergantian motor hingga sekitar dua laps dari waktu yang dianjurkan tim.

Dari ketidakpuasan para pembalap ini, muncul wacana untuk kembali menggunakan radio tim MotoGP seperti yang digunakan pada balapan Formula 1. Para pembalap berbeda pendapat mengenai wacana ini. Valentino Rossi salah satunya yang setuju dengan penggunaan radio tim di MotoGP meski secara tidak langsung keseruan balapan terutama saat balapan basah bisa berkurang.

“Saya masih belum tahu apakah lebih baik memasang radio tim di MotoGP seperti di F1. Tapi faktanya, komunikasi langsung (antara pembalap dan tim saat balapan) bakal lebih mudah. Contohnya di Assen, jika saya diberitahu tim sedang memimpin balapan dua detik di depan pembalap terdekat, maka saya tidak akan memacu motor terlalu cepat. Jika memungkinkan memakai radio tim, saya oke-oke saja. Kita dapat mencobanya, tapi saya tidak tahu resikonya (seperti apa). Kita pernah mencobanya 10 tahun lalu tapi tak dipakai lagi,” kata Rossi.

Namun berbeda dengan Rossi, pembalap Honda Marc Marquez dan Dovizioso dari Ducati menganggap hal tersebut bisa berbahaya dan lebih baik tidak digunakan.

“Saya tidak dapat membayangkan seseorang berbicara kepada saya sementara saya sedang memacu motor, ini dapat berbahaya. Yang terbaik adalah mengadakan pertemuan terlebih dulu dan mempersiapkan seluruh kemungkinan skenario (dari memakai radio tim),” ujar Marquez.

“Untuk kasus ini, lakukanlah semuanya demi keamanan, karena (pemakaian radio tim) memang agak berisiko buat keamanan. Olah raga kita berbeda dari F1. Adalah lebih baik untuk tidak menggunakannya,” kata Dovizioso menimpali.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY