Waspada….!!!! Virus Trojan Bisa Menyusup dari Aplikasi Pemandu Pokemon Go

Waspada….!!!! Virus Trojan Bisa Menyusup dari Aplikasi Pemandu Pokemon Go

0
Virus Trojan menyamar di Pokemon Go

Orbitindo.com – Pokemon Go sebuah game fenomenal yang booming di seluruh dunia. Game besutan Nintendo dan Niantyc ini tidak hanya disukai oleh para gamers saja, namun juga para penjahat cyber. Parahnya, para penjahat cyber ini memanfaatkan sebuah aplikasi pemandu Pokemon Go ini untuk menyusupkan virus Trojan pada smartphone.

Sebuah aplikasi yang bernama “Guide For Pokemon Go” yang ditemukan oleh para ahli Kaspersky Lab di Google Play Store ternyata bisa menginfeksi virus Trojan pada smartphone. Sayangnya, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 500.000 kali, dengan 6.000 di antaranya telah sukses terinfeksi.

pokemon-go-trojan

“Di dunia online, dimana pun pengguna berkumpul, maka para penjahat cyber dengan cepat selalu mengikuti. Tidak terkecuali Pokemon Go. Pada awalnya, pengguna tidak menyadari adanya peningkatan yang menjengkelkan dan mengganggu dari iklan, tetapi implikasi jangka panjang dari infeksi bisa menjadi jauh lebih berbahaya,” Roman Unuchek, Analis Malware Senior, Kaspersky Laboratorium.

Kaspersky menjelaskan, trojan “Guide for Pokemon Go” mampu merebut hak akses root di smartphone Android dan menggunakannya untuk memasang atau menghapus aplikasi serta menampilkan iklan pada ponsel.

“Jika telah terinfeksi, maka ada orang lain di dalam ponsel Anda yang memiliki kontrol atas OS dan semua yang Anda lakukan dan menyimpan di dalamnya,” jelasnya.

Ribuan perangkat yang terinfeksi itu tersebar di beberapa negara, termasuk Rusia, India, dan Indonesia. Tapi bagi anda yang sudah terlanjur mengunduh aplikasi tersebut, jangan khawatir. Bagi pengguna yang perangkatnya telanjur terinfeksi, Kaspersky menyarankan factory reset untuk menghapus trojan.

 

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY