Lebih Dekat dengan Ladislao Jose Biro, Penemu Pulpen di Google Doodle Hari...

Lebih Dekat dengan Ladislao Jose Biro, Penemu Pulpen di Google Doodle Hari Ini Kamis, 29/9/2016

0
Google Doodle 29 September 2016 peringati HUT ke 117 Ladislao Jose Biro

Orbitindo.com – Lebih Dekat dengan Ladislao Jose Biro, Penemu Pulpen di Google Doodle Hari Ini Kamis, 29 September 2016. Google kembali memberikan apresiasi kepada salah satu tokoh dunia melalui Doodle pada hari ini Kamis (29/9) dimana kali ini mesin pencari tersebut memberikan apresiasi kepada Ladislao Jose Biro dengan memperingati HUT-nya yang ke 117. Siapakah dia hingga Google ikut merayakan hari ulang tahunnya ?

Ladislao Jose Biro adalah seorang yang berjasa dalam hal tulis menulis di dunia modern. Berkat jasanya, dunia tulis menulis yang sebelumnya menggunakan pensil dan pulpen dari bulu ayam, digantikan dengan pulpen modern. Ya…. Ladislao Jose Biro adalah penemu pulpen modern yang saat ini sering kita gunakan setiap hari.

Ladislao Jose Biro lahir 29 September di Hungaria. Pertama kali Ladislao Jose Biro memperkenalkan pulpen modern saat pameran internasional di Budapest, ibu kota Hungaria pada tahun 1931. Kemudian pulpen modern karya Ladislao Jose Biro dipatenkan di Paris tahun 1938.

Awal mula dari penemuan pulpen modern ini tak lepas dari profesi Ladislao Jose Biro yang merupakan seorang wartawan. Saat itu, pulpen yang dipakai oleh para wartawan tidak efektif dan kurang begitu cepat untuk menulis. Pertama kali, Biro menguji pulpen dengan tinta yang sama dengan fontain pen(pulpen dengan tinta encer) namun gagal.

Ladislao Jose Biro
pict : wikipedia

Meski demikian, Ladislao Jose Biro tak putus asa. Bersama saudaranya, Georg yang merupakan seorang kimiawan, mengembangkan jenis ujung baru yang mengandung bola yang bebas berputar di dalam wadahnya; mengambil tinta dalam dari tempat tinta sewaktu berputar dan mengantar tinta ke atas kertas sewaktu berputar kembali.

Penemuan tersebut, merupakan penemuan yang sangat penting untuk peradaban manusia di jaman modern, meski saat ini peran pulpen sudah digantikan dengan sistem komputer. Namun jasa Ladislao Jose Biro sangat besar dalam dunia tulis menulis. 

Ladislao Jose Biro meninggal dalam usia 86 tahun pada tanggal 24 November 1985 di Budapest, Hungaria.

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY