Berita MotoGP Terbaru : Setelah Rossi, Akankah Lorenzo Juga Alami “Kutukan Ducati”...

Berita MotoGP Terbaru : Setelah Rossi, Akankah Lorenzo Juga Alami “Kutukan Ducati” ?

0
Berita motoGP Terbaru : Akankah Lorenzo mengalami

Orbitindo.com – Berita MotoGP Terbaru : Setelah Rossi, Akankah Lorenzo Juga Alami “Kutukan Ducati” ?. Meski Bos Yamaha, Lin Jarvis belum mengumumkan langsung mengenai pindahnya Jorge Lorenzo ke Ducati mulai musim depan, namun sebuah press release yang dikeluarkan Yamaha pada 18 April 2016 kemarin, sudah menjawab semua teka-teki nasib Lorenzo di Yamaha. Akhirnya Lorenzo resmi bergabung dengan Ducati dan meninggalkan Yamaha pada musim depan.

Bersama Ducati, Lorenzo bisa saja mencatat sejarah baru yakni menjadi pembalap dunia ke 6 yang berhasil menjadi juara dunia dengan dua tim yang berbeda. Seperti kita ketahui bersama, dalam sejarah MotoGP sejak 1949 hingga saat ini baru ada 5 pembalap yang berhasil meraih gelar juara dunia di kelas utama dengan dua tim yang berbeda yakni Geoff Duke, Giacomo Agostini, Eddie Lawson, Valentino Rossi, dan Casey Stoner.

Jika bersama Ducati Lorenzo bisa meraih gelar juara dunia, maka dia akan menjadi pembalap ke enam sekaligus pembalap Spanyol pertama yang berhasil meraih juara dunia dengan dua tim yang berbeda. Namun selain itu, Lorenzo juga bisa bernasib sial seperti pembalap lainnya yang mendapat “kutukan Ducati”.

Hal ini merujuk pada fakta bahwa tidak semua pembalap bisa melakukan penyesuaian yang baik dengan Ducati. Bahkan tak jarang pembalap-pembalap besar justru tersisih dan meredup bersama tim asal Italia itu. Valentino Rossi misalnya, pembalap Italia berjuluk The Doctor itu hanya bertahan selama dua musim bersama Ducati.  Setelah pindah dari Yamaha, Rossi cuma finis di posisi keenam dan ketujuh di akhir musim. Begitu juga dengan Cal Crutchlow yang hanya bertahan semusim bersama Ducati.

Satu-satunya pembalap yang berhasil mengecup manisnya gelar juara dunia bersama Ducati adalah Casey Stoner pada 2007. Namun Stoner memiliki karakter unik, yang gigih melakukan pengembangan motor selama bertahun-tahun.

Apakah bersama Ducati Lorenzo akan berjaya ataukah akan mengalami nasib sial seperti pembalap top lainnya ? Kita buktikan saja musim depan.

Berikut catatan pembalap Ducati sejak 2003-2015 :

2003 Loris Capirossi (4th) and Troy Bayliss (6th)
2004 Loris Capirossi (9th) and Troy Bayliss (14th)
2005 Loris Capirossi (6th) and Carlos Checa (9th)
2006 Loris Capirossi (3rd) and Sete Gibernau (13th)
2007 Casey Stoner (1st) and Loris Capirossi (7th)
2008 Casey Stoner (2nd) and Marco Melandri (17th)
2009 Casey Stoner (4th) and Nicky Hayden (13th)
2010 Casey Stoner (4th) and Nicky Hayden (7th)
2011 Valentino Rossi (7th) and Nicky Hayden (8th)
2012 Valentino Rossi (6th) and Nicky Hayden (9th)
2013 Andrea Dovizioso (8th) and Nicky Hayden (9th)
2014 Andrea Dovizioso (5th) and Cal Crutchlow (13th)
2015 Andrea Iannone (5th) and Andrea Dovizoso (7th)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY