Sejarah Hari Ibu Setiap 22 Desember di Indonesia

Orbitindo.com – Sejarah Hari Ibu 22 Desember di Indonesia. Kita telah mengetahui bahwa setiap tanggal 22 Desember kita bangsa Indonesia memperingatinya sebagai hari ibu. Dan tahun ini Indonesia akan memperingati hari ibu yang akan jatuh pada hari kamis (22/12) mendatang. Namun mungkin banyak dari kita yang belum tahu sejarah adanya atau lahirnya hari ibu di Indonesia. Untuk itu marilah kita simak sejarah singkat lahirnya hari ibu di Indonesia di bawah ini.

Sejak tahun 1912, Indonesia telah merintis organisasi-organisasi perempuan yang diprakarsai oleh gerakan para pahlawan wanita Indonesia, seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nyak Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, dll.

Para pejuang perempuan itulah yang akhirnya mendorong dan menyatukan pikiran, semangat dan idealisme kaum perempuan Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan dan nasibnya.

Pada tanggal 22-25 Desember 1928, para pejuang wanita dari daerah Jawa dan Sumatera berkumpul dalam acara Kongres Perempuan Indonesia I yang diselenggarakan di Yogyakarta. Dan dalam acara itulah yang akhirnya menjadi tonggak berdirinya organisasi perempuan di Indonesia.

Agenda utama pada Kongres Perempuan Indonesia I adalah mengenai persatuan perempuan Nusantara, peranan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan, peranan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, pernikahan usia dini bagi perempuan, dsb.

Kemudian pada Juli 1935 dilaksanakan Kongres Perempuan Indonesia II. Hasil dari kongres ini yaitu dibentuknya BPBH (Badan Pemberantasan Buta Huruf) dan menentang perlakuan tidak wajar atas buruh wanita perusahaan batik di Lasem, Rembang.

Pada tahun 1938 dilakukan Kongres Perempuan Indonesia III. Pada kongres inilah akhirnya dibentuk hari ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember.

Hari ibu tersebut kemudian secara resmi ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 yang menetapkan bahwa setiap tanggal 22 Desember akan diperingati sebagai hari ibu dan dirayakan secara nasional hingga sampai saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *