Jelang Kualifikasi MotoGP Jerez Spanyol 2016 : Gunakan Winglet, Pembalap Suzuki Meroket

Orbitindo.com – Jelang Kualifikasi MotoGP Jerez Spanyol 2016 : Gunakan Winglet, Pembalap Suzuki Meroket. Pada hari pertama jadwal MotoGP Jerez Spanyol Jumat (22/4) kemarin, para pembalap MotoGP telah melakoni dua sesi latihan bebas yakni FP1 dan FP2. Menariknya, pada sesi latihan bebas 2 kemarin, pembalap Suzuki Aleix Espargaro berhasil merangsek ke posisi 3. Hal ini ternyata merupakan efek dari penggunaan winglet pada tunggangannya Suzuki GSX-RR.

Seperti kita ketahui bersama, pada sesi latihan bebas 1 yang digelar kemarin, rekan Maverick Vinales ini hanya mampu berada di posisi ke tujuh. Namun pada FP2 yang digelar tadi malam waktu Indonesia, Aleix Espargaro berhasil memperbaiki catatan waktunya menjadi  1 menit 40.093 detik. Menurut Espargaro, penggunaan Winglet sangat berpengaruh pada akselerasi motornya apalagi ketika berada di tikungan.

“Motor MotoGP sangat menuntut pembalap, dari segi fisik juga. Penggunaan sayap akan membantu anda meningkatkan motor di aspal dan jadi lebih mudah dikendarai,” kata Espargaro.

Sebenarnya teknologi winglet ini bukan pertama kali digunakan oleh pembalap Suzuki. Hal ini sebelumnya telah digunakan oleh para pembalap top lainnya seperti dari tim Ducati, Yamaha, hingga Honda. Padahal para pembalap seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Dani Pedrosa sudah terang-terangan meminta winglet di hapus dari MotoGP.

Dengan maraknya penggunaan winglet ini membuat Dorna semakin pusing untuk menentukan aturan mengenai penggunaan winglet pada motor MotoGP. Karena kalau tidak dibatasi, maka bukan tidak mungkin sayap ini akan semakin besar dan bisa membahayakan pembalap lain.

Fauzan

Seorang Ayah dan Suami yang ingin melihat anak dan istri bahagia dunia dan akhirat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *