Berita MotoGP Terbaru : Tim SAG Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut Luis Salom

Orbitindo.com – Peyebab kecelakaan maut Luis Salom saat sedang mengikuti sesi latihan bebas 2 di MotoGP Catalunya menurut tim SAG karena kombinasi pengereman dan kondisi sirkuit yang benjol.

MotoGP Catalunya yang digelar pekan lalu menyimpan duka tersendiri untuk para pembalap MotoGP. Pasalnya, saat seri ke tujuh MotoGP 2016 tersebut digelar, terjadi sebuah insiden kecelakaan yang mengakibatkan pembalap Moto2, Luis Salom meninggal dunia. 

Luis Salom meninggal dunia usai mengalami kecelakaan saat sedang mengikuti sesi FP2 di GP Catalunya. Pembalap Spanyol ini tewas karena menabrak tembok pembatas saat berada di tikungan ke-12 sirkuit de Barcelona, Catalunya Jumat (3/6) pekan lalu. Meski sempat dilakukan pertolongan oleh tim medis, namun nyawa Salom tidak tertolong.

Tiga hari pasca insiden kecelakaan maut tersebut, tim SAG akhirnya merilis penyebab dari kecelakaan maut Luis Salom tersebut. Pembalap berusia 24 tahun tersebut, mengalami kecelakaan diduga karena kombinasi pengereman dan kondisi sirkuit yang benjol di Turn 12 Sirkuit Catalunya.

Berikut Pernyataan Tim SAG mengenai penyebab kecelakaan maut Luis Salom :

Pada hari Jumat 3 Juni, Luis Salom meninggal selama sesi FP2 Gran Premi Catalunya akibat kecelakaan yang dideritanya pada Turn 2 sirkuit Catalunya.

Setelah menerima data telemetri, Minggu (5/6) organisasi, staf teknis Tim SAG langsung melakukan pertemuan pribadi untuk mencari fakta kecelakaan dan berkomunikasi soal kebenaran apa yang terjadi terkait hal teknis pada insiden yang fatal di Turn 12 Sirkuit Catalunya.

Analisis komprehensif pun dilakukan pada data telemetri dibantu pemilik tim Edu Perales, manajer tim Jordi Rubio, kepala mekanik dari Luis Salom Bernat Bassa, kepala mekanik dari Jesko Raffin Michael Ferger, serta pembalap Moto2 Jesko Raffin dan manajer Luis Salom Marco Rodrigo.

Selama FP2 itu, Luis Salom bisa membuat lap terbaik (1’48.608) sebelum masuk pit stop pertama untuk mengubah ban belakang motor. Setelah itu, Salom masuk kembali ke lintasan dan setelah keluar itu ia menderita kecelakaan.

Dalam lap itu, titik pengereman Luis di Turn 12 lebih lambat 6km/jam dari waktu terbaiknya. Menurut telemetri, hal itu karena akselerasi yang lebih rendah di pintu keluar Turn 11. Karena itu, kecepatannya berkurang dan Luis membuat pengereman 9 meter kemudian untuk mempertahankan kecepatan tikungan di Turn 12.

“Pada masuk ke sana, ada masalah aspal yang dikenal oleh semua pembalap (benjolan). Keterlambatannya mengerem dilakukan Luis untuk menjaga motor tetap berjalan di atas benjolan, seperti yang ia lakukan di lap sebelumnya,”

“Semua itu dikombinasikan dengan kecepatan terbaiknya di FP2 yang membuat ban depannya aus dan kehilangan grip. Rendahnya daya cengkram membuat kecelakaan tragis yang kita semua tahu,”

“Data telemetri ini disediakan oleh organisasi yang tersedia untuk setiap teknisi yang memenuhi syarat dengan keinginan untuk menganalisanya”

Kecelakaan maut pembalap MotoGP yang menimpa Luis Salom ini, merupakan kecelakaan terparah sejak tragedi tewasnya Marco Simoncelli yang mengalami kecelakaan di MotoGP Malaysia pada tahun 2011 silam.

Untuk menghormati dan mengenang atas meninggalnya Luis Salom di GP Catalunya ini, Rossi serta Marquez dan Dani Pedrosa mendedikasikan piala mereka untuk mendiang Luis Salom.

Ahsan Zikri

Meski sekarang aku masih merangkak dan kalian sudah berlari, namun aku yakin suatu saat aku akan bisa berlari seperti kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *