Lebih Dekat dengan Karl Landsteiner, Penemu Golongan Darah di Google Doodle Hari Ini, Selasa 14 Juni 2016

Orbitindo.com – Hari ulang tahun ke-148 Karl Landsteiner, penemu golongan darah diperingati dalam Google Doodle hari ini Selasa, 14 Juni 2016.

Mesin raksasa pencari, Google kembali memberikan apresiasi kepada seorang yang berjasa untuk dunia. Kali ini, Google memberikan apresiasi kepada Karl Landsteiner dengan memperingati hari ulang tahunnya yang ke-134. Mari kita kenal lebih dekat dengan Karl Landsteiner.

Karl Landsteiner yang lahir di Wina 14 Juni 1869 merupakan seorang ilmuwan yang berhasil menemukan golongan darah manusia. Ilmuwan Austria ini berhasil membagi golongan darah manusia menjadi 4 yakni O, A, B dan AB. Karl Landsteiner kemudian lebih dikenal sebagai ahli biologi yang memulai karirnya di Universitas Wina kemudian berpindah ke Amerika Serikat tahun 1922 dan menjadi peneliti senior pada Rockefeller Institute of Medical Research.

Selain berhasil menemukan golongan darah manusia, Karl juga berhasil menemukan virus polio dan serum dalam darah. Berkat penemuan ini, menandai perkembangan baru dalam dunia kedokteran khususnya dalam transfusi darah bagi pasien korban kecelakaan atau kurang darah.

karl landsteiner

Berkat berbagai penemuannya ini, Karl Landsteiner mendapat banyak penghargaan diantaranya Aronzon Prize, sebuah penghargaan di bidang mikrobiologi pada tahun 1926. Kemudian pada tahun 1930, Karl Landsteiner dianugerahi hadiah Nobel dalam bidang Kedokteran.

Karl landsteiner akhirnya meninggal dunia pada usia 75 tahun tepatnya tanggal 26 Juni 1943 di New York, Amerika Serikat. Selepas wafatnya ini, pemerintah Austria memberikan penghargaan khusus dimana pemerintah Austria mematri sosok Karl Landsteiner dalam pecahan uang 1000 Schilling (mata uang Austria) tahun 1997. Selain itu, sosok Karl ini juga pernah dijadikan gambar pada perangko Austria.

karl landsteiner 2

Berkat penemuan golongan darah oleh Karl Landsteiner ini, sangat membantu dunia kedokteran dalam melakukan donor atau transfusi darah. Jadi wajar saja jika Google hari ini memperingati hari ulang tahun Karl Landsteiner ke-148 sebagai wujud apresiasi atas hasil penemuannya.

Sri Rejeki

Bekerja bagi seorang istri itu bukan kewajiban tapi merupakan ibadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *