Jelang MotoGP Assen : Komisi MotoGP Resmi Larang Penggunaan Winglet di Kelas MotoGP

Orbitindo.com – Komisi MotoGP akhirnya mengumumkan larangan penggunaan winglet di kelas MotoGP setelah melakukan pertemuan menjelang MotoGP Assen Sabtu, 25 Juni 2016.

Komisi MotoGP yang terdiri dari  Asosiasi Produsen (MSMA), Dorna, FIM, dan Asosiasi Tim MotoGP (IRTA)  melakukan pertemuan pada hari Sabtu (25/6) kemarin. Pertemuan ini dlakukan untuk membahas penggunaan winglet yang sempat menimbulkan pro dan kontra.

Setelah kelas Moto2 dan Moto3 melarang penggunaan winglet, akhirnya Komisi MotoGP kembali menerapkan peraturan serupa di kelas MotoGP. Pasalnya, teknologi sayap kecil ini dianggap mengganggu pembalap lainnya meskipun menguntungkan bagi pembalap sendiri.

Teknologi winglet ini pertama kali diterapkan oleh tim Ducati setelah melakukan berbagai pengujian. Hal ini digunakan untuk menghasilkan downforce bagian depan motor saat akselerasi. Sehingga performa motor tidak berkurang namun bisa mengurangi kemungkinan ban depan terangkat.

Setelah Ducati, akhirnya tim lain mengikuti penggunaan sayap kecil ini. Yamaha mulai menggunakannya di akhir 2015, sedangkan Honda mencobanya di tes pramusim 2016. Sementara tim lain seperti Aprilia dan Suzuki menerapkannya saat bersaing di Grand Prix Jerez, April lalu.

Meski sebenarnya teknologi ini cukup berpengaruh dalam akseslerasi para pembalap, namun akhirnya Komisi MotoGP memutuskan bahwa teknologi tersebut dilarang di semua kelas baik Moto2, Moto3 hingga kelas MotoGP. Namun larangan ini baru akan diterapkan mulai musim 2017 mendatang.

Berikut Pernyataan Komisi Grand Prix terkait Larangan penggunaan winglet :

Setelah pertemuan Komisi Grand Prix yakni Dorna, FIM, IRTA, dan MSMA pada hari Sabtu di Assen, Belanda, keputusan berikut dikeluarkan:

Komisi sepakat dengan efek dari 2017, penggunaan sayap aerodinamis di kelas MotoGP akan dilarang. Regulasi ini meniru para pihak di kelas Moto3 dan Moto2 yang mana penggunaan sayap sudah dilarang.

Sayap yang sesuai dengan peraturan teknis saat ini mungkin bisa terus digunakan untuk sisa musim 2016.

Ahsan Zikri

Meski sekarang aku masih merangkak dan kalian sudah berlari, namun aku yakin suatu saat aku akan bisa berlari seperti kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *