Lakukan Komunikasi Radio, FIA Anulir Posisi Finish Rosberg di GP Inggris

Orbitindo.com – FIA akhirnya menjatuhkan sanski kepada Nico Rosberg karena terbukti melakukan komunikasi radio dengan tim saat balapan di GP Inggris.

Pembalap Mercedes, Nico Rosberg kembali mendapat sanksi dalam balapan di sirkuit Silverstone, Inggris akhir pekan lalu. Rosberg terbukti melakukan komunikasi radio dengan tim saat balapan sedang berlangsung yang mengakibatkan FIA menganulir posisi finish pembalap Mercedes ini.

Saat balapan berlangsung, Rosberg menjelaskan tentang masalah gearbox mobilnya kepada kru di pitwall melalui komunikasi radio. Tim menginstruksikan Rosberg agar tidak menggunakan gigi ketujuh sehingga pembalap Jerman itu lompat ke gigi delapan. Hal ini melanggar pasal 27.1 yang menyebut bahwa pembalap harus mengendarai mobilnya sendirian, tanpa bantuan.

“Nico Rosberg telah diturunkan ke posisi finis ketiga menyusul penyelidikan pelanggaran komunikasi radio tim Mercedes selama grand prix Inggris 2016. Instruksi tim kepada pembalap hanya diizinkan apabila mobil mengalami gagal mesin. Rosberg telah melanggar Pasal 27.1 yang menyebut bahwa pembalap harus mengendarai mobilnya sendirian, tanpa bantuan,” demikian pernyataan resmi FIA, dikutip formula1.com.

Seperti kita ketahui bersama, Rosberg akhirnya bisa menyelesaikan balapan di GP Inggris akhir pekan lalu dan menempati posisi kedua dengan GAP 6 detik dari Lewis Hamilton yang menjuarai balapan. Kemudian posisi ketiga ditempati oleh Max Verstappen dari Red Bull dengan GAP 2 detik dari Rosberg.

Karena terbukti melakukan pelanggaran, maka FIA memberikan sanksi penalti 10 detik dan menganulir posisi finish Rosberg. Sehingga Rosberg harus rela menyerahkan posisi runner up kepada Max Verstappen dan dirinya menempati finish ketiga.

Ahsan Zikri

Meski sekarang aku masih merangkak dan kalian sudah berlari, namun aku yakin suatu saat aku akan bisa berlari seperti kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *