Berita MotoGP Terbaru : Race Director Dukung Penggunaan Radio Tim di MotoGP

Orbitindo.com – Berita MotoGP terbaru : Wacana penggunaan radio tim di MotoGP akhirnya ditanggapi oleh race director, Mike Webb.

Pentas MotoGP saat ini tengah diributkan dengan wacana penggunaan radio tim yang sempat mencuat setelah MotoGP jerman. Pasalnya dalam balapan tersebut para pembalap seakan dirugikan dengan adanya komunikasi yang kurang cepat untuk berganti motor jika hanya lewat pit board saja.

Seperti kita ketahui, dalam balapan terakhir yakni di GP Jerman, Valentino Rossi menjadi pembalap yang merasa paling dirugikan. Pasalnya, pembalap Yamaha ini sempat memimpin balapan pada 2/3 awal balapan. Namun karena lomba berjalan flag to flag, Rossi harus kehilangan podium karena kebingungan dalam melakukan pergantian motor.

Aturan flag-to-flag yang mulai diperkenalkan pada 2005 membuat balapan tak berhenti meski terjadi perubahan cuaca. Pembalap malah diberikan pilihan untuk ‘berjudi’ dengan mengganti motor di tengah perlombaan. Hal ini tentu saja membutuhkan komunikasi yang lebih baik antara tim dengan pembalap dari hanya sekedar pit board.

Terkait wacana penggunaan Radio tim di MotoGP seperti yang diterapkan di ajang balap Formula 1 ini, race direcotr Mike webb akhirnya angkat bicara. Menurutnya, MotoGP pernah menerapkan aturan radio tim pada waku lalu. Namun ditolak oleh pembalap dan tim sehingga aturan tersebut tidak dilanjutkan.

Meski pernah ditolak, namun dengan perkembangan teknologi saat ini nampaknya radio tim bisa menjadi salah satu solusi dalam komunikasi tim dengan pembalap dalam balapan flag to flag.

“Mungkin saat ini teknologi lebih baik sehingga perubahan itu bisa diterima. Terserah kepada mereka (FIM dan Dorna Sport). Jika mereka meminta (aturan radio tim), tentu saja kami akan mendukungnya,” kata Webb.

Ahsan Zikri

Meski sekarang aku masih merangkak dan kalian sudah berlari, namun aku yakin suatu saat aku akan bisa berlari seperti kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *