JELANG MOTOGP BRNO CEKO : Data & Fakta Menarik MotoGP Brno 2016

Orbitindo.com – JELANG MOTOGP BRNO CEKO 2016 : Data & Fakta Menarik MotoGP Brno 2016. Akhir pekan ini Valentino Rossi dan para pembalap MotoGP akan kembali melakoni balapan seri ke 11 yang akan digelar di sirkuit Automodrom, Brno, Rep. Ceko. MotoGP Brno akan menjadi salah satu seri yang cukup seru, pasalnya hanya berselang 1 pekan ketangguhan Ducati akan kembali diuji.

Masih teringat jelas di ingatan kita, Ducati sukses meraih kemenangan di GP Austria pekan lalu mampu membuat peta kekuatan para pembalap MotoGP berubah. Tim asal Italia ini sekarang menjadi salah satu tim yang diperhitungkan oleh Yamaha dan Honda di paruh kedua musim 2016 ini.

Nah…sebelum kita menyaksikan para pembalap MotoGP kembali berlaga di Brno, mari kita simak dulu data dan fakta menarik seputar MotoGP Brno yang kami lansir dari beberapa sumber.

Data & Fakta menarik MotoGP Brno, Ceko 2016 :

  • MotoGP kali pertama digelar di Brno pada 1965. Balapan kelas 500cc berlangsung sebanyak lebih dari 13 laps di sirkuit dengan panjang 13,94 km. Saat itu, balapan dimenangi oleh Mike Hailwood yang mengendarai MV Agusta, dengan catatan waktu 1 jam 11 menit dan 23,2 detik.
  • Terakhir kali kelas premier digelar di Sirkuit Brno adalah pada 1977 dan dimenangi oleh Johnny Cecotto, yang mengendarai Yamaha. Brno lalu dianggap sebagai sirkuit yang terlalu berbahaya untuk motor dengan mesin berkapasitas besar.
  • Motor dengan mesin berkapasitas kecil terus berkompetisi di Sirkuit Brno hingga 1982, sebelum dicoret dari kalender Grand Prix karena alasan keselamatan.
  • Sirkuit Brno terakhir kali dipakai untuk menggelar balapan Grand Prix pada 1987 dan menjadi tuan rumah di Rep. Ceko hingga 1991. Brno tidak masuk dalam kalender musim 1992. Tapi, pada 1993, Grand Prix di Rep. Ceko kembali masuk dalam kalender dan sejak saat itu rutin menggelar balapan setiap musim.
  • Sejak era motor empat tak diperkenalkan di kelas MotoGP pada 2002, Honda telah mengoleksi enam kemenangan di Brno. Sedangkan, Yamaha enam kali dan Ducati dua kali.
  • Pembalap Honda menjadi juara di Brno dalam empat musim terakhir. Dan pmebalap Yamaha yang terakhir kali menang adalah Jorge Lorenzo pada 2015.
  • Dua pembalap yang paling banyak meraih kemenangan di Sirkuit Brno, masing-masing berjumlah tujuh kali, adalah Max Biaggi (4 x 250cc, 2 x 500cc, 1 x MotoGP) dan Valentino Rossi (1x 125cc, 1 x 250cc, 1 x 500cc, 4 x MotoGP).
  • Terakhir kali pembalap yang start dari pole position dan berhasil keluar sebagai juara dalam balapan MotoGP di Brno adalah Jorge Lorenzo pada musim 2015.
  • Musim lalu Jorge Lorenzo berhasil keluar sebagai juara disusul oleh Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Ahsan Zikri

Meski sekarang aku masih merangkak dan kalian sudah berlari, namun aku yakin suatu saat aku akan bisa berlari seperti kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *