Gambar Uang Baru Pecahan Rp 200.000 yang Beredar di Media Sosial Hanya Hoax

Orbitindo.com – Saat ini netizens sedang dihebohkan dengan beredarnya gambar uang baru pecahan Rp 200.000 di media sosial. Tanpa mencari tahu dulu kebenarannya, mereka langsung membagikan gambar tersebut sehingga membuat publik bertanya-tanya mengenai kebenarannya. Padahal berita mengenai uang baru pecahan Rp 200 ribu tersebut adalah berita bohong alias Hoax.

Pengguna Facebook pasti pernah melihat teman mereka yang membagikan gambar uang baru pecahan Rp 200.000 di beranda mereka. Gambar tersebut ditambahi dengan keterangan “PECAHAN UANG KRTAS RP 200.000 RESMI DIEDARKAN HARI INI, WAJIB DISHARE!! SEMUA HARUS TAHU”

uang baru

Bank Indonesia (BI) selaku lembaga yang berhak menerbitkan uang rupiah di Indonesia membantah jika mereka telah menerbitkan uang baru pecahan Rp 200.000. Pasalnya, setiap selama ini BI memiliki aturan jika ingin menerbitkan uang baru. Setiap kali BI mengeluarkan uang Rupiah pecahan baru, mereka akan mengeluarkan pernyatan resmi di media masa dan laman resmi BI di www.bi.go.id.

“Terkait informasi yang beredar di medsos mengenai uang pecahan Rp 200.000, Bank Indonesia menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar,” kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Tirta Segara.

Sebagai informasi, dalam gambar uang baru pecahan Rp 200.000 tersebut menggunakan kombinasi warna ungu, kuning, dan putih dengan gambar orang naik kuda. Dengan adanya konfirmasi dari BI tersebut, maka bisa dipastikan bahwa gambar uang pecahan Rp 200.000 tersebut adalah Hoax alias berita bohong yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dan disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sri Rejeki

Bekerja bagi seorang istri itu bukan kewajiban tapi merupakan ibadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *