Berita Terbaru MotoGP 2016 : Antisipasi Balapan Hujan di GP Inggris, Michelin Siapkan Ban Basah Baru

Orbitindo.com – Berita Terbaru MotoGP 2016 : Antisipasi Balapan Hujan di GP Inggris, Michelin Siapkan Ban Basah Baru. Pentas MotoGP akan segera memasuki seri ke 12 yang akan digelar di sirkuit Silverstone, Inggris akhir pekan ini. Menghadapi GP Inggris, Michellin selaku pemasok resmi ban MotoGP menyiapkan ban basah baru untuk mengantisipasi balapan basah di GP Inggris agar tidak terjadi masalah kembali seperti di GP Ceko dua pekan lalu.

Seperti kita ketahui bersama, pada GP Ceko tersebut balapan berjalan flag to flag dimana banyak pembalap yang menggunakan ban basah (full wet) jenis soft. Namun pada akhir balapan, ban tersebut tidak lagi berbentuk sempurna dimana banyak bagian yang mengelupas.

Hal ini disebabkan karena banyak pembalap yang memilih tetap menggunakan ban full wet soft dan tidak menggantinya dengan ban intermediate ataupun slick. Hal ini tentu saja menjadikan PR tersendiri untuk Michellin untuk lebih membuat nyaman para pembalap.

Dilansir dari GPOne, Michellin segera bergerak cepat untuk mengatasi hal tersebut dengan mempersiapkan ban basah baru. Pasalnya, di GP Inggris cuaca tidak bisa diprediksi apakah akan berjalan dalam balapan basah ataukah kering. Sehingga saat ini produsen ban asal Peransic tersebut sudah mempersiapkan empat jenis ban intermediate untuk para pembalap yakni  extra soft, soft, medium dan hard.

Pilihan yang disiapkan Michelin bisa intermediate soft dan medium di bagian depan, lalu bisa soft dan hard di bagian belakang. Lalu untuk kondisi kering, Michelin menawarkan tiga pilihan ban slick, yakni kompon soft, medium serta hard untuk bagian depan. Sedang kompon soft dan medium untuk bagian belakang, di mana kedua kompon tersebut sama-sama jenis asimetris.

“Silverstone adalah salah satu balapan paling berat bagi ban yang kami persiapkan sebagaimana kita tidak pernah tahu jenis cuaca yang akan terjadi saat balapan di Inggris. Sirkuitnya sendiri bisa menjadi dingin dan berangin saat hujan, tapi jika matahari bersinar dan hangat, treknya juga bisa menjadi hot. Dari sisi teknis, sirkuit ini bertipikal cepat dan banyak tikungan yang membuat ban bekerja keras. Jadi kita butuh ban yang dapat mengatasi faktor-faktor itu dan kemungkinan perubahan cuaca serta temperatur. Kami telah membawa kompon baru untuk ban belakang yang kami yakini akan bekerja dengan sangat baik. Ini berdasarkan konstruksi yang sukses saat cuaca kering di Brno, yang mana kita lihat Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang hampir saja memecahkan rekor putaran terbaik di sana,” kata Piero Taramasso, manajer Michelin.

Ahsan Zikri

Meski sekarang aku masih merangkak dan kalian sudah berlari, namun aku yakin suatu saat aku akan bisa berlari seperti kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *