Data & Fakta Menarik Jelang MotoGP Misano, San Marino 2016

Orbitindo.com – Data & Fakta Menarik Jelang MotoGP Misano, San Marino 2016. Akhir pekan ini, para pembalap MotoGP akan segera melakoni seri ke 13 MotoGP 2016 yang akan digelar di sirkuit Misano, San Marino, Italia. MotoGP Misano ini bakal menjadi seri yang cukup menarik setelah pertarungan seru di GP Inggris pekan lalu.

Sebelum kita menyaksikan aksi para pembalap MotoGP di MotoGP misano ini, mari kita simak dulu data dan fakta menarik seputar MotoGP Misano, San Marino ini :

  1. Tahun ini merupakan tahun ke 20 Misano yang saat ini berubah nama menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP.
  2. Gelaran perdana Kejuaaan Dunia Balap GP Motor di Sirkuit Misano berlangsung pada 1980. Saat itu, lomba kelas 500cc menempuh 40 putaran dengan panjang lintasan 3,448 km dan arah berlawanan jarum jam. Pemenangnya ialah Kenny Roberts.
  3. Sirkuit Misano sempat berhenti menjadi penyelenggara Kejuaraan Dunia Balap GP Motor setelah 13 tahun beruntun, usai terjadinya insiden kecelakaan fatal yang menyebabkan karier Wayne Rainey berakhir pada 1993.
  4. Ketika kembali menjadi tuan rumah penyelenggara Kejuaraan Dunia Balap GP Motor pada 2007, total panjang lintasan Sirkuit Misano direvisi menjadi 4,18 kilometer dengan lomba menempuh searah jarum jam, berbeda dari sebelumnya yang berlawanan arah jarum jam.
  5. Yamaha menjadi pabrikan paling sukses di kelas MotoGP San Marino yang berlangsung di Sirkuit Misano sejak kembali jadi tuan rumah mulai 2007 dengan enam kemenangan. Honda baru mengemas dua podium teratas dan Ducati kebagian satu victory.
  6. Pembalap tersukses pada GP San Marino di Sirkuit Misano sejak kembali digelar mulai 2007 ialah Jorge Lorenzo (Yamaha) dan Marc Marquez, dengan masing-masing mengkoleksi empat kemenangan. Lorenzo menorehkan tiga kemenangan pada kelas bergengsi di sana, plus satu di kelas 250cc. Sedang Marquez mengemas satu kemenangan pada kelas utama plus dua dari kelas Moto2 dan satu lagi di kelas 125cc.
  7. Sejak kelas MotoGP kembali ke Sirkuit Misano mulai 2007, Ducati baru mengemas tiga podium balapan. Yakni saat Casey Stoner menjuarainya pada 2007, lalu finis podium ketiga oleh Toni Elias (2008) dan terakhir dipersembahkan Valentino Rossi via finis podium kedua musim 2012.
  8. Sepanjang sejarah kelas bergengsi di Kejuaraan Dunia Balap GP Motor yang berlangsung di Sirkuit Misano, Suzuki baru meraih dua kali finis podium. Dan keduanya hadir pada satu edisi, musim 2007. Yaitu saat Chris Vermeulen finis kedua dan John Hopkins ketiga. Tahukah Anda, ternyata ini merupakan terakhir kalinya Suzuki menempatkan dua pembalapnya di posisi finis podium dalam sebuah seri kelas bergengsi hingga saat ini.
  9. Kemenangan Marc Marquez pada kelas bergengsi pada GP San Marino di Sirkuit Misano musim lalu (2015) adalah kemenangan pertama Honda di sana sejak terakhir kalinya dicatat pada 2010 melalui Dani Pedrosa.
  10. Kemenangan Dani Pedrosa (Repsol Honda) pada MotoGP San Marino 2010, merupakan kemenangan terakhir yang pernah dicatat oleh pembalap yang mengawali lomba dari posisi pertama (pole) di Sirkuit Misano.
  11. Musim lalu, podium di Misano ini dimenangkan oleh Marc Marquez (1), Bradley Smith (2) dan Scott Redding (3).

Ahsan Zikri

Meski sekarang aku masih merangkak dan kalian sudah berlari, namun aku yakin suatu saat aku akan bisa berlari seperti kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *