Berita Terbaru MotoGP 2016 : Tak Bawa Ban Baru di Aragon, Michellin Muluskan Pembalap Spanyol ?

Orbitindo.com – Berita Terbaru MotoGP 2016 : Tak Bawa Ban Baru di Aragon, Michellin Muluskan Pembalap Spanyol ? Pemasok ban resmi MotoGP, Michellin memastikan tidak akan membawa ban jenis baru di seri ke 14 MotoGP yang akan digelar di sirkuit Motorland Aragon, Spanyol akhir pekan ini. Produsen ban asal Perancis ini memilih bermain aman di negeri Matador tersebut.

Michelin mau produk ban mereka tahan atas cuaca panas ekstrem yang bakal menaungi setiap sesi akhir pekan ini. Namun, media Italia menyoroti bahwa ada niat lain dari rencana Michellin tidak membawa ban baru di Aragon akhir pekan ini.

Banyak para pecinta MotoGP terutama fans Valentino Rossi yang menyebut bahwa ini salah satu gelagat dari mempermulus para pembalap tuan rumah untuk meraih kemenangan di balapan kandang mereka. Hal ini berarti memperkecil peluang Valentino Rossi untuk naik podium dan mengejar poin dari Marquez dan memperkecil selisih poinnya.

Namun disisi lain, para pecinta MotoGP lainnya justru menganggap hal tersebut akan membuat persaingan para pembalap semakin seru. Para pembalap yang bisa cepat beradaptasi dengan ban baru Michellin yang dibawa di GP San Marino kemarin yang akan menjadi juara.

Sekedar informasi, Michelin sudah mempersiapkan tiga opsi ban depan slick di GP Aragon, yakni kompon soft, medium dan hard. Kemudian untuk ban belakang hanya ada dua pilihan, yaitu medium dan hard. Adapun seluruh ban slick ini bertipe asimetris, di mana bagian kanannya berkompon lebih keras ketimbang sebelah kiri untuk menyesuaikan diri dengan karakteristik lintasan.

Sementara itu, kalau nantinya hujan turun di Aragon, Michelin telah mempersiapkan dua pilihan kompon ban, yakni soft dan medium, baik untuk ban depan maupun ban belakang, selain tersedia pula tipe intermediate.

“Ini merupakan pertama kalinya Michelin melakoni balapan di Aragon, jadi ini benar-benar tantangan baru buat kami. Tahun lalu kami telah mengadakan tes bersama para pembalap MotoGP, jadi kami setidaknya memiliki pengetahuan dasar dari apa yang bakal kami hadapi, walau bannya sendiri telah mengalami perubahan sejak itu, seakan memulai dari pertama lagi,” kata manajer Michelin Piero Taramasso. 

“Aragon bisa menjadi sebuah tempat yang tidak bisa diprediksi, di mana kondisinya bisa panas atau dingin. Lintasannya memiliki tikungan berkarakter sangat cepat dan trek lurus yang panjang, plus beberapa zona pengereman keras. Jadi kami membutuhkan beberapa pilihan ban yang dapat menghadapi situasi itu semua,” imbuhnya.

“Kami dapat berharap cuaca lebih dingin pada pagi hari, jadi kami butuh ban yang segera panas dengan cepat dalam kondisi tersebut, namun juga bekerja baik sebagaimana temperaturnya makin meningkat hingga siang hari,” tutupnya.

Ahsan Zikri

Meski sekarang aku masih merangkak dan kalian sudah berlari, namun aku yakin suatu saat aku akan bisa berlari seperti kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *