Berita MotoGP Terbaru : Izinkan Lorenzo Tes Desmosedici, Yamaha Untungkan Ducati

Orbitindo.com – Berita MotoGP terbaru : Yamaha memberikan izin kepada Jorge Lorenzo untuk menjajal Desmosedici pada tes pasca musim di Valencia.

Tim Yamaha MotoGP, nampaknya merasa menyesal atas keputusannya memberikan izin kepada Jorge Lorenzo untuk menjajal Desmosedici GP17 pada tes pasca musim di Valencia pertengahan November mendatang. Pasalnya, hal ini tentu saja menguntungkan Ducati yang musim depan akan dibela oleh Por Fuera.

Seperti kita ketahui bersama, pada Desember 2016 hingga akhir Februari 2017, pengelola MotoGP melarang adanya tes untuk semua tim. Meski hanya diberikan kesempatan menjajal motor Ducati selama 2 hari, namun Yamaha dinilai memberikan keuntungan bagi tim asal Italia itu, sekaligus kans buat Lorenzo beradaptasi lebih cepat dengan Desmosedici GP17.

Ya, itu benar. Ini (Lorenzo sudah bisa menjajal GP17 di akhir musim 2016) adalah satu alasan kami mengapa kami sudah mengerjakan secara intens agar motor prototipe 2017 kami sudah siap pada waktunya untuk menjalani tes debut setelah berakhirnya seri terakhir di Valencia,” tutur direktur olah raga tim Ducati Corse, Paolo Ciabatti.

“Ini bakal menjadi satu-satunya kesempatan kami untuk mendapatkan umpan balik dari Jorge. Adapun sampai saat ini belum ada kemunduran pada jadwal kami (mempersiapkan motor 2017). Dan kami akan langsung menyediakan dua motor baru di Valencia, satu buat Lorenzo dan satu lagi untuk Dovizioso,” tandasnya.

Sekedar informasi, dalam sejarah transfer pembalap, jarang tim-tim besar mengizinkan pembalapnya menjajal motor rival saat kontrak mereka berakhir pada akhir musim. Contohnya pada akhir musim 2003 dan 2010. Pada penghujung 2003, Honda tidak mengizinkan Valentino Rossi pindah ke Yamaha. Tapi The Doctor baru bisa menjajal dan mengembangkan YZR-M1 pada tes pra-musim 2004 di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Sementara itu, ketika Rossi memutuskan pindah dari Yamaha ke Ducati pada penghujung 2010, dia baru diizinkan Yamaha menjajal dan mengembangkan Desmosedici GP11 dalam tes pra-musim 2011.

Ahsan Zikri

Meski sekarang aku masih merangkak dan kalian sudah berlari, namun aku yakin suatu saat aku akan bisa berlari seperti kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *