Mirip Whatsapp, Begini Cara Mengaktifkan Fitur Enkripsi Pada Facebook (FB) Messenger

Orbitindo.com – Facebook saat ini menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Bahkan beberapa produk media besutan Mark Zuckerberg tersebut memiliki jumlah pengguna yang mencapai miliaran orang. Hal ini tak lepas dari adanya pembaruan fitur pada beberapa aplikasi milik FB.

Setelah Whatsapp dibenami fitur enkripsi, kali ini Facebook kembali melakukan hal serupa untuk salah satu aplikasi perpesanan miliknya, Messenger. Namun pada FB Messenger, nama fitur ini adalah Secret Conversation.

Fitur Enkripsi ini memungkinkan pengguna melindungi percakapannya dari pihak tak bertangungjawab. Dengan enkripsi, pembicaraan pengguna akan diacak sebelum sampai ke lawan bicara. Begitu pun sebaliknya, sehingga bakal sangat sulit bagi hacker untuk memata-matai.

Berbeda dengan Whatsapp, fitur enkripsi pada Messenger ini harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum pengguna bisa menikmatinya. Pengguna harus mengaktifkan secara manual sebelum memulai obrolan. 

Untuk mengaktifkan fitur enkripsi pada FB Messenger ini juga sangat mudah. Pengguna cukup menekan tombol ‘secret’ yang ada di kanan atas jendela daftar percakapan. Atau bila pengguna sudah terlanjur melakukan percakapan, tinggal tekan tombol ‘i ‘ yang ada di atas layar kemudian pilih secret conversation. Selain itu, lawan bicara juga harus dipastikan sudah menggunakan versi terbaru dari aplikasi Messenger sehingga sudah mendukung fitur tersebut.

Namun fitur enkripsi pada Facebook Messenger ini memiliki kelemahan. Jika fitur ini diaktifkan, pengguna hanya bisa berkirim gambar biasa dan stiker. Pengguna tidak bisa jika ingin berkirim video maupun gambar dalam format gif.

Ariska

Pelajar Jurusan Komputer yang suka dunia blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *