Berita MotoGP Terbaru : Kunci Juara di Jepang, Marc Marquez Pecahkan Beberapa Rekor

Orbitindo.com – Berita MotoGP Terbaru : Kunci Juara di Jepang, Marc Marquez Pecahkan Beberapa Rekor. Pembalap Honda, Marc Marquez akhirnya mengunci titel juara dunia musim 2016 lebih cepat sebelum musim berakhir. Pembalap Spanyol ini akhirnya resmi menyandang titel juara dunia di GP Jepang akhir pekan lalu setelah keluar sebagai juara sedangkan duo Yamaha yang merupakan pesaing terdekatnya gagal finish.

Perolehan Marc Marquez tersebut, tak lepas dari konsistensinya sejak awal musim. Pembalap Honda ini belum sekalipun gagal meriah poin selama 15 seri MotoGP digelar. Hal tersebut membuktikan bahwa Baby Alien menjadi pembalap yang cepat beradaptasi dengan ban Michellin serta ECU anyar sesuai regulasi MotoGP.

Selain itu, rekan Dani Pedrosa ini juga bisa beradaptasi dengan penggunaan winglet pada RC213V tunggangannya meskipun mulai musin depan, akan dilarang. Dengan beberapa pencapaian tersebut, Marquez memang pantas menyandang titel juara dunia musim 2016. Dengan mengunci titel juara dunia di GP Jepang kemarin, Marquez telah mencatatkan beberapa rekor baru. Apa sajakah rekor tersebut ?

Berikut rekor baru yang diraih Marc Marquez :

  • Marquez adalah pembalap termuda yang memenangi tiga kelas utama di kejuaraan balap motor bergengsi pada usia 23 tahun dan 242 hari. Kemenangan tersebut, mengalahkan rekor Mike Hailwood (24 tahun 108 hari) ketika ia memenangkan gelar 500cc berturut-nya yang ketiga pada tahun 1964.
  • Marquez  adalah pembalap termuda (23 tahun dan 242 hari) sepanjang masa yang mampu memenangkan lima gelar di kejuaraan dunia balap motor. Dengan demikian, ia mengalahkan rekor Rossi (24 tahun 238 hari) pada 2003 atau saat The Doctor merebut gelar kelimanya.
  • Sejak bergabung dengan tim Repsol Honda pada 2013 lalu. Marquez telah menyumbangkan tiga trofi juara untuk tim Pabrikan Jepang sekaligus menyamai rekor Rossi sewaktu pembalap asal Italia ini masih menjadi joki Honda (1 x500cc + 2 x MotoGP).
  • Berkat kemenangan Marquez di Jepang, maka secara total ia telah memenangkan setidaknya minimal lima kali podium per musim di tiga kelas berbeda (125cc, Moto2, dan MotoGP) sejak 2010 lalu. Capaian itu jauh sebelumnya pernah ditorehkan dua legenda balap motor. Adalah Giacomo Agostini dan Mike Hailwood.

Ahsan Zikri

Meski sekarang aku masih merangkak dan kalian sudah berlari, namun aku yakin suatu saat aku akan bisa berlari seperti kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *